Cybersh Note

Fans Translasi Novel-Novel Asia

13 September, 2016

Overlord - Vol 10 - Penutup

Penutup


Jilid 10 akhirnya selesai. Bacalah sambil mendengarkan Anime OST, rasanya enak jika dilakukan sama-sama. So-Bin.

“Seorang pria tidak seharusnya mencari alasan”. Aku pernah dengar ucapan ini sekali, aku tidak akan mengatakan apapun. Namun, biarkan aku berkata satu hal – jika ingatanku tidak salah, saat ini seharusnya adalah bulan ke 17 tahun 2015, ya kan?

Dan juga, aku ingat pernah dengar seseorang berkata, “jadwal sebelumnya tidaklah baku, jadi tidak sama dengan hasil akhir”. Ah, kalimat yang sangat menarik! Penuh dengan romansa!

...Aku minta maaf.

Jilid 11 tidak akan seperti ini. Tidak ada niat membuatmu menunggu, jadi aku harap semuanya bisa memaafkanku. Dan juga, jilid selanjutnya adalah – yah, siapapun yang membaca sampai akhir, mau bagaimana lagi jika memang tertulis. Ditambah lagi, jilid 11 akan menampilkan edisi spesial yang paling ditunggu-tunggu. Siapapun yang pernah melihat animenya akan mengerti. Itu adalah episode sepanjang 30 menit dari Pure Pure Pleiades, bukankah itu mengejutkan?!


Lalu, bagaimana perasaan kalian setelah membaca jilid 10, semuanya?

Bagaimana bedanya antara menjalankan sebuah negeri dengan menjalankan sebuah organisasi?

Ainz memulai dari apa yang menarik baginya, tapi bagaimana kalian semua akan melakukannya? Maruyama sangat tertarik dengan jawaban itu. Jika itu adalah aku, aku akan melakukan ini. Jika itu aku, aku akan melakukan itu. Aku akan sangat senang mendengarkan pendapat semua orang untuk masalah itu

Dan jika akhirnya seseorang harus menciptakan karya lain berdasarkan ini, atau bahkan light novel orisinil lainnya, aku akan lebih senang. Karena sebenarnya, begitulah Maruyama.

Dan kemudian, kalian sudah tahu popularitas polling dari bagian akhir buku. Katakan kepadaku karakter yang paling kalian sukai. Tidak seperti polling popularitas biasa, kenyataan bahwa tempat pertama sudah diputuskan adalah sesuatu yang tak pernah terlihat sebelumnya.

Aku tidak akan memberikan penampilan tambahan terhadap karakter populer. Ini hanya untuk melihat karakter mana yang paling disukai semua orang.

Selanjutnya, orang-orang yang ingin kuucapkan terima kasih, yaitu:

Maaf sudah mengacaukan jadwalmu, so-bin-sama. Terima kasih banyak untuk ini.

Rasa terima kasih tulusku untuk Ohaku-sama sebagai proofreader, desainer, Chord Design Studio-sama dan sang editor, F-da-sama. Dan juga sayangku, temanku dari hari-hariku ketika masih sebagai murid, terima kasih selalu.

Yang lebih penting lagi, terima kasih bagi kalian semua para pembaca di luar sana. Ceritanya sekarang sudah selesai terpisah dari WN, jadi aku akan sangat senang jika kalian menyukainya.

2015/17
Maruyama Kugane










23 komentar:

Unknown mengatakan...

fufufu, vol 10 sudah selesai ternyata, kupikir akan lebih panjang.
Terimah kasih min atas kerja kerasnya.
semoga vol 11 bisa segera update. hahahhaa

Ahmad Untung mengatakan...

Volume 11 nya tanggal 30 September.

Unknown mengatakan...

mantabzz

R mengatakan...

Wah, last project kh ini.? :)
Thnks bnget min, yg udh mau ng-trans dri awal.

O yaa, dnger" vol 11 rilis akhir September ini yaa.? Klo gtu skali lg mohon bantuannya buat vol 11 yaa min, smangat trus admin ciggy, smoga sehat slalu.

TrieSakti mengatakan...

lanjut vroh

TrieSakti mengatakan...

lanjut vroh

Andi.Yogaswara.blogspot.com mengatakan...

Min ada rencana TL-in side story overlord ga?, yang kaya di sky the wood, itu juga lumayan menarik kok, lumayan buat ngisi waktu nungguin vol 11 keluar wkwk, btw kayanya vol 11 bakalan lama deh, soalnya 30 sep pun itu masih versi raw

Arraeh mengatakan...

mulai dari volume 1-10, lebih tepatnya sedikit di vol 1-3 dan paling banyak di vol 7-10, sebuah mis komunikasi sekecil apapun di dunia ini bisa berakibat fatal seperti di cerita ini. aku tidak ingin menyalahkan si suzuki, albeldo, demiurge atau jirchniv, terlebih lagi pengarangnya maruyama. cerita ini hampir aku sebut sebagai kenyataan, dimana seorang penguasa yang berjuang dari angka nol akan merasa terombang-ambing dengan kepintaran dan loyalitas bawahan yang benar-benar sempurna. sebuah kalimat akan disaring puluhan kali jika untuk menghindari sebuah mis komunikasi.
Jika aku berada di posisi si Momonga, pastinya aku akan kebingungan dengan apa yang aku lakukan sebagai seorang pemimpin. butuh berbulan-bulan untuk mencontoh/mempelajari negara-negara yang paling bagus ekonomi, hukum ataupun yang lainnya untuk bisa diterapkan dinegara sendiri. dan hal yang paling bagus adalah menaikkan sebuah nama agar bisa dikenal masyarakat luas, apalagi jika seorang pemimpin bisa membuka berbagai korupsi yang telah membusuk kehadapan masyarakat. tidak, itu hanya mencari nama saja, aku tidak tahu apa yang selanjutnya aku lakukan. ini sebuah labirin perntanyaan yang keluar setelah jalan lurus, kiri ataukah kanan. jika kita memilih kanan dan jalan buntu yang ada, ataukah kita ingin melubanginya.

fazday mengatakan...

ditunggu yg 11 min thanks

neclord mengatakan...

min gak ada niatan nge-TL novel lain gak.. macam arifureta atau the new gate

Achmad mengatakan...

Tetap lanjut aku tetap menunggu....

Unknown mengatakan...

Terimakasih banyak bner2 terimakasih 😊😊😊
Di tunggu kelanjutannya

Anonim mengatakan...

ya nih min kan ada side story : emissary of the king dan side story vol 0 ,,, diusahakan klo sempat

Unknown mengatakan...

Request king avatar dong min .. Kisah seorang pro gamer yg di buang teamnya karna di anggap sudah jadi lemah & menyerahkan akun terkuatnya, akhirnya dia jdi penjaga warnet haha. Tpi tujuannya buat balik lg ke era pro game dengan bermain di server baru brmain dri awal .. Tranlate inggrisnya ada di gravitytales chapternya udh jln 461 . status complete skitar 1700an wkwk

Riraito mengatakan...

Hmmmm.....adminnya luar biasa...btw min...bikin fp di facebook g???
Klo bpom mnding bikin min....sayang bngey klo g ad...bsa sekalian nyari donatur jg dsna...

Ciggy Shiggy mengatakan...

@Kotaro Fuma : Maaf untuk sementara fokus dahulu di Overlord, mungkin lain kali jika Translator berubah pikiran mau menerjemahkan Light Novel lain akan diberitahu.

@Akatsuki Yona : Terima kasih banyak. Untuku FP di facebook menurut Tim tidak dibuat karena tujuan tim murni untuk menambah fans Overlord di Indonesia. Jadi untuk diskusi silahkan saja di situs ini baik di kolom komentar maupun kolom chatbox. Sedangkan untuk di facebook silahkan gabung di grup-grup yang sudah ada. Karena dari awal Tim sudah bertekad untuk memperbanyak fans Overlord di Indonesia. Jadi agar niatan awalnya tidak berubah, tidak akan mencari donatur dahulu kecuali jika nantinya terpaksa seperti misalnya harus memakai hosting dan domain sendiri, itulah kenapa tidak ada ads sama sekali, jika muncul ads silahkan laporkan. Jika ingin membantu tim disini. Silahkan sebarkan situs ini agar fans Overlord di Indonesia bertambah. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

lanjut min gambatte :v

Anonim mengatakan...

Terima kasih min mau terjemahin dtunggu terjemahan selanjutnya :)

Brian Torao mengatakan...


sankyu overlord vol.10

Natural mengatakan...

Klo bleh tahu cerita overlord ini tamatnya sampai vol 11 kah?

Unknown mengatakan...

Min ini sebenernya tamat ampe vol brp

Unknown mengatakan...

sasuga min ~~ :v baru juga mau saranin tempel ads

Kouziro mengatakan...

Best lah pokoknya :3